Haze Watch : Pemberitaan Indonesia di TV Singapura dan Malasya

Sudah beberapa hari ini Batam terkena kabut asap. Jarak pandang berkurang, dan ini diperparah dengan debu-debu jalanan karena kendaraan yang lalu lalang. Orang-orang mulai memakai masker. Cuaca panas tapi berkabut, dan naasnya lagi listrik mati-hidup sejak 2 hari ini. Ckckck…

Saat memantau berita di TV, ada satu topik berita di TV Singapura yang agak menggelitik. Haze Watch (Pantauan Kabut Asap). Kabut asap di Singapura mungkin seperti bencana banjir di Jakarta yang selalu di update perkembangannya. Mempengaruhi kegiatan ekonomi, menurunkan jumlah pelancong, dll. Agak kesal juga setelah baca koran pagi ini yang isinya perusahaan sawit asing (salah satunya Singapura) juga ada yang membakar lahan di Riau sana.

TV Malasya menyoroti masalah kabut asap ini dan menyebut pemerintah Indonesia dari tahun ke tahun tidak selesai-selesai mengatasi masalah ini.
Sebenarnya munculnya kabut ini disebabkan panasnya cuaca di Riau yang memicu titik titik api (hot spot) dan juga pembakaran lahan. Usaha pemadaman sudah dilakukan tapi terbatasnya air menjadi kendala. Jangankan buat memadamkan api, untuk mandi dan kebutuhan sehari-hari saja ada yang membeli air galon karena air sumur surut.

Pertanyaan yang muncul kenapa sih pemerintah tidak tuntas mengatasi masalah yang sudah bertahun tahun ini? Sehingga pemberitaan di TV Singapura dan Malasyia seakan selalu memojokkan Indonesia setiap kali kabut asap muncul.

Jadi teringat perkataan pak Jusuf Kalla, 2 negara itu selalu komplain setiap kabut asap sampai di negara mereka. Tapi mereka juga tidak berterima kasih atas udara/oksigen yang berasal dari hutan-hutan sumatra sepanjang tahun.

Satu lagi perkembangan di Indonesia yang diberitakan di TV Singapura yaitu kenaikan harga BBM. TV Singapura mewawancarai salah satu mahasiswa Indonesia yang belajar di sana. Jawabannya memang cukup smart, mewakili apa yang terjadi di sini, tapi Bahasa Inggrisnya…. Duh.. Indonesia Indonesia, ayolah kapan mau bangkit kalau seperti ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s