karangmalang

           Entah kenapa sore ini aku tergerak untuk lewat dan mengelilingi daerah ini. Setelah selesai satu kelas tadi, masih ada jeda sekitar satu setengah jam untuk kelas berikutnya. I had nowhere to go. Jadi kuputuskan cari makan di sekitar Karangmalang. Tidak banyak yang berubah. Atmosfer yang sama dan lingkungan kos-kosan yang padat. Akan tetapi aku tidak menemukan toko swalayan mini ‘as shirot’ tempat biasa mahasiswa belanja. Mungkin sudah pindah atau sudah tutupkah? Tapi yang jelas, menelusuri gang-gang di kampung ini mengingatkanku akan masa kuliah dulu. Masa yang….. yah sulit diungkapkan dengan kata-kata.

                Terlepas dari susah dan senangnya masa kuliah dulu, aku merasa sangat beruntung. Masuk di PT  Negeri dan di jurusan yang aku minati. Walaupun mungkin universitas ini tidak sefavorit UGM, UI, atau universitas terkemuka lain. Aku bersyukur aku tersadar ketika waktu-waktu terakhir menjelang aku lulus. Waktu itu aku disibukkan oleh beberapa kegiatan yang membuatku belajar dan mendapatkan banyak pengalaman. Dan kini aku sadari hal tersebut merupakan titik tolak yang sangat berarti bagi kehidupan yang kujalani saat ini.

                Banyak hal yang kini aku sadari. Kalau memutar waktu kembali, beberapa mimpiku selama aku masih sekolah sudah terwujud saat ini. Walaupun tidak sesempurna yang dibayangkan tapi yang kulihat adalah hal positif dari yang kuimpikan dulu.

                Dan aku teringat perkataan seseorang bahwa untuk mencapai sukses yang harus pertama dilakukan adalah ikhlas dalam bermimpi. Ketika ikhlas dalam memimpikan sesuatu sesungguhnya kita percaya akan keimanan. Kita tidak membatasi kuasa Tuhan. Jiwa kita dipenuhi oleh aura positif dan khusnudzon kepada Yang Maha Menentukan.

                Akan tetapi tiba-tiba aku merasa kerdil. Manusia kerdil tapi bangga dan cepat puas. Bermimpi besar tapi minim ikhtiar. Berkeinginan tinggi tapi minim prestasi. Dan yang ada adalah mimpi yang mengambang di awang-awang…..

                

Leave a Reply

