azzam kecilku

Senin, 18 Juni 2012

Hari yang sangat santai. Masak, mandiin anak, bersih-bersih rumah, seperti biasa. Libur. Tapi yang mengejutkan ulah azzam hari ini, ya Allah…. bikin geremmmm… baru aja dimandiin, dipasang pampers, 5 menitan. Njruttt… jrutt… eek. Mungkin karena tadi dia mandi air dingin dan iseng kuberi makan sarimi kali ya. Hehehe…

Mulai agak siangan si azzam berulah lagi, juga seperti biasa. Nglendot, main-main sama uminya. Tiba-tiba cekiitttttt….. punggungku digigit. Aduh, aduh, sampe hampir nangis. Baru ada 4 gigi udah sakit begini. Apalagi kalo udah penuh giginya. Barangkali si azzam gemes juga sama aku ya, makanya gigit. Orang kalo aku gemes aja dia takcium habis, takgigit juga. Hehehe

Maem baru beberapa suap, udah ga mau. Azzam kubuatkan susu. Aku juga minum susu, tapi beda, dengan gelas tentu saja. Aku lagi asyik dengan buku, azzam asyik dengan gelas susuku tadi. Tiba-tiba, praaaanggg………. Si gelas jatuh berkeping-keping. Eh azzamnya malah mau megangin itu pecahan, kutarik dia kududukkan di apollonya. Huuuuhhhh…… gereemmmm. Segera kuberesi pecahanya, walaupun sempat jariku tergores kena pecahan.

Menjelang sore abi azzam pulang. Kita bertiga seperti biasa mau beli pak sowan (bakso+bakwan). Si azzam tiba-tiba mondar-mondir dapur kamar, pas mau ngambil uang buat beli sowan, eh ternyata si azzam, asyik naburin sesuatu ke atas kasur. Penyedap royco dia taburkan sepanjang dapur sampai kamar. Crut… crut… crut… dengan asyik dan mantap. Duh duh duh…… kamarnya jadi bau royco dong nak… sedap sedap….

Kadang-kadang lucu nggemesin, tapi kadang-kadang njengkelin juga ni anak. Sempat marah tadi, kupukul pantatnya. Gregetan sih. Tapi tanpa sengaja aku baca sebuah artikel. Orangtua memaki anak, anak akan belajar merasa bersalah dan rendah diri. Membentak anak, dia akan belajar membantah. Uhh… ga mudah mendidik anak. Harus benar-benar sabar. Mesti sering ngasih pujian dan dorongan, juga ketika azzam melakukan kesalahan. Sambil ngasih pengertian tentu saja.

Si abi nyeletuk, “yah, namanya juga anak kecil mana tau dia…” benar juga ya, kadang-kadang orang tua menempatkan anak seperti orang dewasa. Dan mengharapkan dia bisa bersikap seperti orang dewasa. Wah sekarang harus lebih hati-hati ni… azzam sedang di masa golden age-nya. Oke azzam, maafkan umi tadi marah sama kamu ya… umi tetap sayang sama azzam.Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s