catatan dari diskusi sore hari

“Allahumma arinal haqqa haqqa war zugnattibaah, wa arinal baatila baatila warzugnattinabah”

Melihat diskusi sore ini membuatku teringat doa di masa SD. Tidak ada orang yang suci, tapi melihat keburukan yang kecil pun pasti hati nurani yang paling dalam tentu akan bergolak. Akan tetapi nafsu, keadaan, dan segala argument yang dimiliki memuntahkan dan mengabaikan apa yang ada di dalam hati nurani.

Ada dua hal jelas yang dipaparkan oleh kedua pembicara itu. Semuanya dengan argument yang sangat logis. Pikiran dan pendapat yang melihat pun seolah-olah diputar, diombang-ambing, dalam imajinasi nilai nilai abstrak yang mempunyai dua dasar berbeda. Kemanakah akal dan pikiran akan berpihak? Ke pihak pertama atau kedua? Atau mengambang, abu-abu? Berada di tengah-tengah pusaran nilai-nilai yang semakin tergerus di masa ini?

Dan, aku mendadak mengingat do’a di masa SD. Ada dua hal yang disuguhkan, haq dan batil. Dan manusia diberi hati dan akal untuk memilih, untuk condong, untuk memihak, dan untuk memutuskan, pilihan mana yang akan menjadi sikap hidupnya.

Dalam titik ini, tiba-tiba saja aku merasa bersyukur karena walaupun sempat terombang-ombing, aku telah memutuskan pilihanku. Untuk setia kepada yang benar.
Dan kata setia pun sebuah perjalanan panjang yang berliku, kadang berkelok, kadang naik, turun. Layaknya perjalanan hidup. Benar kata seorang kakakku dulu, mengaminkan dan menjalankan yang benar itu mudah. Akan tetapi, menjadi istiqomah dalam kebenaran itu sulit……

Dan jawaban yang kudapatkan adalah doa semasa SD itu. Minta agar mata hati diberi kemampuan untuk membedakan haq dan batil dengan jelas, sejelas-jelasnya agar tidak terjebak pada keabu-abuan yang gamang….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s