Resensi : Fikih Pendidikan Anak

Judul : Fikih Pendidikan Anak
No. ISBN : 979-3715-25-1
Penulis: Syaikh Musthafa al-‘Adawy
Penerbit: Qisthi Press
Tanggal terbit: Desember 2009 (Cet.ke-2)
Jumlah Halaman : 299
Jenis Cover: Hard cover
Dimensi(L x P): 158 x 245 mm
Kategori : Agama
Text:Bahasa Indonesia

Dikaruniai seorang anak tentu saja merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Karena anak adalah anugerah sekaligus amanah sebagai penerus keturunan dan penyambung ikatan kekeluargaan. Oleh karena itu, para orang tua hendaknya membekali diri dengan ilmu untuk mendidik dan mengasuh anak. Karena dengan ilmu lah orang tua akan sanggup mencetak generasi yang cerdas dan juga berakhlakul karimah .
Buku ‘Fikih Pendidikan Anak’ ini hadir sebagai salah satu alternatif untuk menambah khasanah pengetahuan dalam pengasuhan serta pendidikan anak sejak usia dini. Bahasan buku ini sangat lengkap mulai dari hal yang bersifat aqidah sampai panduan medis dan psikologis untuk anak.
Dari segi aqidah buku ini menyajikan bagaimana membentuk kesalehan anak sejak dini yang mengacu pada contoh dari Rasulullah SAW melalui berbagai riwayat hadis. Di awal buku ini ditekankan bahwa yang sanggup memberi hidayah hanyalah Allah dan orang tua berperan sebagai pembimbing dan pemberi arahan kepada anak. Pada bagian selanjutnya dibahas bagaimana membentengi anak sejak sebelum lahir, riwayat mengenai kebersihan anak, permainan anak, canda dengan anak. Serta yang tak kalah penting bagaimana mengajarkan anak akan esensi ajaran islam, diantaranya mengenalkan rukun iman, rukun islam, dan mengajarkan Alqur’an dan As-sunnah.
Dari sisi psikologis buku ini membahas faktor-faktor yang berpengaruh dalam proses pendidikan anak sejak dini. Diantaranya,mengajarkan etika islam kepada anak, anak dan iptek serta panduan dalam mengikuti perkembangan akhlak anak hingga ia dewasa. Pada bagian akhir buku ini terdapat beberapa artikel dari dokter mengenai hal-hal yang bersifat medis menyangkut hal-hal yang harus diperhatikan pada bayi baru lahir yang sangat berguna bagi para orang tua dari bahasan tentang bagaimana tips menyusui sampai petunjuk tentang menjaga kesehatan hidung, telinga, dan tenggorokan bayi dan penyakit yang bisa diderita bayi.
Buku ini sangat bermanfaat untuk dibaca bagi pasangan suami istri yang belum, akan ataupun sudah dikaruniai anak. Bahasan yang singkat tetapi padat disertai lay out yang menarik membuat buku ini enak dibaca walaupun agaknya penataan bahasannya kurang runtut. Akan tetapi secara garis besar buku ini bisa memberikan panduan kepada para orang tua bagaimana membentuk kesalehan anak sejak dini. Selamat membaca!
(salah satu yang kudapat dari bridging program, membuat resensi. thanks for BP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s